kejora 2

November 6, 2010

sepuluh menit kemudian kamipun tiba dirumah bude di prengapus. kami lalu masuk ke rumah. mbak ari tidak langsung pulang ke kejora, melainkan masuk ke rumah bude.

” yuk, besok maen ke kejora ya, lihat anak2, kamu bisa ngajar si…??” tanya mbak ari padaku,

hmm…aku belum punya pengalaman ngajar anak-anak mbak, tapi besok ku coba, jawabku.

” bener ya, besok tak tunggu, jam setengah delapan masuknya. ” mbak ari menjelskan

” insya Alloh,  jawabku, tapi mbak besok mau kerumah bulik harti jam berapa?? tanyaku pada mbak ari, kerena bulik harti sedang ada hajat, akupun bermaksud untuk bantu2.

“siang aja, setelah jemput danis (anak pertama mbak ari)” kata mbak ari

ok, baiklah…jawabku lagi.

mbak aripun pamit untuk pulang ke kejora yang jaraknya kurang lebih seratus meter dari rumah bude.

****

pagi-pagi sekali mbak ari sudah datang kerumah bude mengngatkanku  untuk datang ke kejora, hawa  dingin wonosobo mampu melenakanku untuk bermalas-malasan.sempat terbesit  dalam pikiranku untuk tidak jadi datang kekejora dan memilih untuk berselimut ria, tapi aku penasaran dengan anak-anak yang diceritakan mbak ari, yang kata mbak ari lucu-lucu dan menggemaskan.

dengan perjuangan keras aku melawan rasa malasku. akupun bangkit dan bersiap-siap.

meskipun molor dari waktu yang ditentukan yaitu jam 7.30 tapi akhirnya aku datang juga. jam 9.00 aku tiba di kejora.

dari luar aku merasa ada keceriaan. rumah kejora yang begitu ramai membuatku untuk tidak sabar ingin bertemu anak-anak yang diceritakan oleh mbak ari.

 

 

kejora…1

November 6, 2010

senin 1  november,  aku ke wonosobo untuk menghadiri walimatul ursy sepupuku (anaknya bulikku) yang akad nikahnya akan dilaksanakan hari rabu , tanggal 3 november. aku berangkat dari jogja kurang lebih pukul 2 siang dan tiba di wonosobo menjelang maghrib. nyaris aku tak mendapatkan angkot yang menuju rumah bulik ku di serang wonosobo. Alhamdulillah setelah bertanya2 akhirnya masih ada satu angkot yang melewati serang. akhirnya aku menaiki angkot tersebut. Entah karena tinggal satu-satunya angkot yang tersisa, atau sudah menjadi kebiasaan, angkot yang aku naikki ini nyaris penuh, kami berdesak-desakkan, si supir menghitung jumlah orang yang ada didalam, dan jika dirsa masih bisa untuk di tambah satu penumpang lagi, maka si supir akan menyuruh kita para penumpang yang sudah duduk didalam untuk menggeser sedikit posisi duduk kita, hingga akhirnnya satu penumpang lagi bisa masuk kedalam meskipun dengan posisi yang super sumpek dan terlihat bertumpuk-tumpukan.

sampainya di depan rumah bulik harti aku melihat dari dalam kaca angkot, tenda sudah berdiri hampir sempurna di depan rumah bulik harti. aku sudah tak sabar ingin segera menemui mereka, karena posisi dudukku di pojok dan angkot penuh sesak dengan penumpang, akupun tidak bisa serta merta keluar begitu saja, orang-orang yang duduk di kursi depan harus turun dulu satu persatu hingga akhirnya aku bisa turun.

setelah berhasil keluar dari dalam angkot, akupun berlari dan menemui bulik harti, suami, anak dan husna yang akan menjadi pengantin. aku sudah tak sabar melihat senyum merekah penuh kegembiraan di raut wajah mereka.

saat itu aku tak menemui bulik harti, rumah bulik harti terlihat penuh sesak dengan ibu-ibu yang membantu memasak dan menyiapkan segala sesuatunya. di ruang utama aku melihat bapak-bapak yang sedang menghias dinding dengan kain berwarna biru dengan membentuk pita indah sekali, dan di dapur aku lihat ibu-ibu sedang memasak ketan untuk dibikin lemper, ada yang sedang mencuci piring, ada yang sedang memasak nasi, dan akupun dengan sedikit teriak memanggil-manggil bulik harti. dan ibu-ibu yang ada di dapur aku lihat ada yang berlari ke selatan dan mencari 2 bulik harti. dan tak lama kemudian bulik harti datang, dia tersenyum merekah dan kamipun langsung berpelukan.

karena sudah maghrib akupun menyampaikan kepada bulik harti kalo aku mau sholat, bulik harti lalu menawariku untuk sholat dimushola belakang rumahnya.

“sholat di mushola aja yuk, disana ada bude dan mbak ari”, bulik harti menawariku…

ya bulik, aku pinjem mukenanya ya…

aku pun berlari kebelakang rumah bulik harti menuju mushola, samapinya di mushola aku melihat bude dan mbak ari ada di shof  depan. karena sholat akan segera di mulai aku sengaja tidak menghampiri mereka, aku berniat menghampiri mereka setelah sholat maghrib.

begitu sholat usai aku maju ke shof depan dan menghampiri mereka, kami saling memberi salam dan saling berpelukan melepas rindu, lalu kami kembali kerumah bulik harti untuk bantu2.

melihat kondisi rumah yang penuh dengan makanan dan orang, akhirnya mbak ari mengajakku untuk tidur di rumah bude di prengapus. ba’da isya kamipun pulang keprengapus dengan mengendarai motor.

JEC…

Oktober 18, 2010

ada yang belum datang ke JEC???  ada pameran besar-besaran lho…di mulai dari book fair (dari dari berbagai macam penerbit seperti : gramedia, andi, yayasan obor, dll… ) pokonya komplit, trus ada invesda, di sana kita bisa lihat sumber daya alam atau potensi yang ada di beberapa daerah, dari sabang sampai merauke, trus ada UKM jogja, dan ada pasar tani nasional. kalo di pasar tani kita juga bisa melihat berbagai macam hasil pertanian, baik itu berupa bahan mentah seperti sayuran, bunga dan buah-buahan, ada juga prodak olahannya…berasal dari sabang-sampai merauke lho…

hmmm…gak rugi deh datang ke jec, apalagi ke book fairnya, selain harganya lebih murah juga bisa pilih buku yang kamu suka, aku dapat 5 buku dengan total harga 92 ribu, murah kan?? rata-rata 20 ribuan, kata mbak harumi buku itu investasi masa depan.

aku juga dapat 2 pohon kelengkeng, kata bapak yang jual nama pohon kelengkengnya, kelengkeng pimpong, dan aroma durian, hasil dari sambungan. pohonnya masih kecil dan satunya seharga 50 ribu, mahal sih…tapi gapapa lah, aku kan suka buah-buahan, lagian bapaknya juga bersedia mengajariku cara  mencangkok dan menyambung. kata bapaknya aku boleh datang kerumahnya sewaktu-waktu kalo aku aku mau belajar. hmm…dari terinspirasi ne, pengen punya kebun buah. dan kata bapaknya buah kelengkengnya organik. alias tidak memakai pupuk kimia..

#Ub7(lzIzbwX

finally…..i’m back to my old blog

Oktober 18, 2010

alhamdulillah….akhirnya aku bisa buka blogku lagi, setelah sekian lamanya ku tinggalkan ia, masalahnya aku lupa paswordnya. hari gene gaptek…!! hehe…

ini semua berkat seseorang yang baik hati.

terima kasih zaki….

 

November ceria

November 22, 2009

HaRaPaN  itu MaSiH aDa

Hari ini kan ku langkahkan kakiku

Penuh harap dan penuh mimpi

Meski awan datang menutupi bumi

Dan hujan menghujani

Namun ku tak gentar tuk melangkah

Setiap nafas adalah doa

Setiap langkah adalah harapan

Tak kan ku biarkan angin topan sekalipun

Membawa pergi mimpiku

Kan ku raih bintang di langit

Dan kan kusambut mentari pagi

Karena, ….

Harapan itu Masih Ada

301 perikanan ; 2 : 56 , PPWP

Puisi ini aku tulis saat kuliah PPWP di 301 perikan, saat itu aku punya mimpi yang besar dan aku ragu kalau dapat meraih mimpi itu, namun aku ingat kata-kata arai yang di tulis oleh andrea hirata dalam bukunya Edensor, “Bermimpilah, karena Tuhan akan memeluk mimpi-mimpi itu,” so, jadilah puisi tersebut, semoga Allah mendengar doaku, dan semoga Allah mengabulkannya, amin…

 

hari ini harapan baru muncul, sebenarnya sih harapan dari dulu, LULUS…men! amanah satu ini belum terlaksana dengan baik, padahal sudah banyak teman satu angkatan dan satu prodi yang sudah lulus, agustus kemaren 2 orang lulus dan november ini 3 orang. huaaa…..aku kapan ya…?? ayo nia kejar mimpi itu, berjuang dan berdoa…

hiks…barusan temen  STPP telpon, ..sekarang dia sudah bekerja ngajar di SMA pertanian, pertama sih biasa nanya kabar dan lain-lain, dan tiba-tiba..”nia dah lulus..??..uups…!!akhirnya pertanyaan itu telontar juga, belum, jawabku…mohon doanya yah…

teman, adakah yang bisa memberitahuku apa itu fokus…?? masalahnya aku tak bisa fokus,…

yah itu PR buat aku, yang penting semangat, …!!

eh sapa ya yang sms aku semalem, jam 09:19 isinya sms itu adalah….

” Assalamualaikum…:-) ya Alloh..berkahi kmi..satukan kmi dlm naungan cintaMu..Rahmat&Kasih SayangMu..Ridoi kmi dg ksempurnaan pnjagaanMu..cahaya2 ilahiah..amin” 08522#######..

maksudnya apa coba…??

ada yang tahu…??

sudahlah tak usah dipikirkan mungkin salah kirim or iseng aja..

 

Hello world!

November 15, 2009

Welcome to WordPress.com. This is your first post. Edit or delete it and start blogging!